Jumpa lagi di blog LKP Smart Multi
Course, dan masih membahas definisi teknologi pembelajaran, dan untuk saat ini
akan dibahas beberapa definisi, agar kita semakin memahami arti teknologi
pembelajaran.
Definisi di atas masih menggunakan
komunikasi audiovisual, namun telah menghasilkan kerangka dasar bagi
pengembangan teknologi pembelajaran berikutnya serta dapat mendorong terjadinya
peningkatan kualitas dan efesiensi pembelajaran.Kita coba untuk mengkaji
definisi berikutnya lanjutan dari definisi teknologi pembelajaran 1.
2. Definisi Commission on Intruction
Tecnology (CIT )1970
“ Teknologi pembelajaran diartikan sebagai media yang lahir
sebagai akibat revolusi komunikasi yang dapat digunakan untuk keperluan
pembelajaran disamping guru, buku teks, dan papan tulis….bagian yang membentuk
teknologi pembelajaran adalah televise, film, OHP, computer dan bagian
perangkat kerasmaupun lunak lainnya”
“ Teknologi pembelajaran
merupakan usaha sistematis dalam merancang melaksanakan, dan mengevaluasi
keseluruhan proses belajar untuk suatu tujuan pembelajaran khusus, serta
didasarkan pada penelitian tentang proses belajar dan komunikasi pada manusia
dan norma manusia agar belajar dapat berlangsung efektif.
Dengan mencantumkan
istilah tujuan pembelajaran khusus, tanpaknya rumusan tersebut berusaha
mengakomodasi pengaruh pemikiran B.F Skinner ( Salah seorang tokoh Behaviorisme)
dalam teknologi pembelajaran.Begitu juga rumusan tersebut memandang pentingnya
penelitian tentang metode dan teknik yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran
khusus.
Semoga edisi kedua dapat
sedikitnya menambah wawasan tentang makna dari teknologi pembelajaran.Sehingga
kedepan semakin mudah peserta didik dalam menerima pelajaran, dan pada akhirnya
dapat mencapai tujuan pendidikan baik mikro ataupun makro.
0 comments:
Post a Comment