//

Download

Download



Jumpa lagi di blog LKP Smart Multi Course, dan masih membahas definisi teknologi pembelajaran, dan untuk saat ini akan dibahas beberapa definisi, agar kita semakin memahami arti teknologi pembelajaran.
Definisi di atas masih menggunakan komunikasi audiovisual, namun telah menghasilkan kerangka dasar bagi pengembangan teknologi pembelajaran berikutnya serta dapat mendorong terjadinya peningkatan kualitas dan efesiensi pembelajaran.Kita coba untuk mengkaji definisi berikutnya lanjutan dari definisi teknologi pembelajaran 1.
2. Definisi Commission on Intruction Tecnology (CIT )1970
       “ Teknologi pembelajaran diartikan sebagai media yang lahir sebagai akibat revolusi komunikasi yang dapat digunakan untuk keperluan pembelajaran disamping guru, buku teks, dan papan tulis….bagian yang membentuk teknologi pembelajaran adalah televise, film, OHP, computer dan bagian perangkat kerasmaupun lunak lainnya”
“ Teknologi pembelajaran merupakan usaha sistematis dalam merancang melaksanakan, dan mengevaluasi keseluruhan proses belajar untuk suatu tujuan pembelajaran khusus, serta didasarkan pada penelitian tentang proses belajar dan komunikasi pada manusia dan norma manusia agar belajar dapat berlangsung efektif.
Dengan mencantumkan istilah tujuan pembelajaran khusus, tanpaknya rumusan tersebut berusaha mengakomodasi pengaruh pemikiran B.F Skinner ( Salah seorang tokoh Behaviorisme) dalam teknologi pembelajaran.Begitu juga rumusan tersebut memandang pentingnya penelitian tentang metode dan teknik yang  digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran khusus.

Semoga edisi kedua dapat sedikitnya menambah wawasan tentang makna dari teknologi pembelajaran.Sehingga kedepan semakin mudah peserta didik dalam menerima pelajaran, dan pada akhirnya dapat mencapai tujuan pendidikan baik mikro ataupun makro.

0 comments:

Post a Comment

 
Top