//

Download

Download

Edisi ke 1
NGOTA MB
NGOBROL PTK MELALUI BLOG


Banyak opini publik  yang cukup mengusik tentang keberhasilan pendidikan disetiap tingkatan satuan pendidikan.Agar pemahaman kita tidak terlalu sempit kita coba mengkaji satu judul buku” METODE PENELITIAN TINDAKAN KELAS “ yang ditulis Prof.Dr.Rochiati Wiriaatmaja.Dengan bersama-sama mengkaji konten buku ini diharapkan mampu menambah wawasan para pendidik, sehingga kita dapat melakukan peran kita secara optimal dan profesional, karena didalamnya buku ini mengupas tuntas tentang Penelitian Tindakan Kelas.Munkin banyak hal yang menjadi penghalang para pendidik untuk tidak berkonsentrasi memahami PTK secara komprehensif salah satunya adalah keterbatsan waktu, tenaga dari berbgai aktivitas dan rutinitas yang biasa dilakukan sehari-hari.Dengan cara Share melalui blog saya, paling tidak kalau lagi ngangur bisa buka di HP atau di laptop pada saat ada waktu luang.Karena budaya baca dilingkungan pendidik aja sepertinya masih jauh dari apa yang diharapkan.
            Penelitian kualitatif akhir-akhir ini berkembang dengan pesat melalui berbagai kajian permasalahan kemanusiaan.Metode-metode, teori-teori, ataupun hasil-hasil penelitian telah terakumulasi sehingga membentuk tradisi yang berbeda dengan yang selama ini dilakukan.Penelitian kualitatif dibidang pendidikan berakar pada banyak disiplin ilmu, termasuk didalamnya pada penelitian-penelitian yang dilakukan pada ilmu-ilmu sosial seperti sosiologi, antropologi, psikologi, atau sejarah ; juga pada humaniora seperti sastra, filsafat, ataupun seni; serta kajian-kajian pada interdisipliner lainnya. Sebagai contoh etnografi, bersal dari antropologi, teori grounded dari sosiologi, dan biografi dari sejarah ; selanjutnya berkembang menjadi cabang-cabang spesialisasi seperti etnografi kritis atau fenomenologi transendenta(Creswell, 1998:3).
Salah satu bentuk kajian inkuiri yang termasuk kualitatif adalah penelitian Emansipatoris tindakan (emancipatory  action research)(Gall, Gall dan Borg ; 2003 : 477), yang merupakan studi mikro untuk membangun ekspresi kongkrit dan praktis aspirasi perubahandi dunia sossial (atau pendidikan) untuk memperbaiki dan meninkatkan kualitas kinerja para praktisinya (Kemmis, dalam Supriadi ;1998).
Penelitian emansipatoris tindakan ini, yang pemakaiianya atau penamaannnya berbeda-beda, seperti penelitian kelas (Classroom research) karena penelitian untuk perubahan perbaikan itu dilakukan di ruang kelas (Hopkins, 1993 : 1). Namun Hopkins sendiri kemudian memakai istilah  classroom research in action atau classroom action research pada saat penelitian itu memasuki tahap-tahap kegiatan yang harus dilakukan, dengan alasan bahwa istilah penelitian kelas mengingatkan kepada penelitian yang dilakukan oleh para peneliti pendidikan ( educational researchers ) dengan menjadikan guru dan siswa sebagai objek penelitian yang berada diluar orbit kehidupan mereka (Hopkins, 1993:8).Istilah educational action research (Kemmis, 1993 ) dipakai juga untuk jenis penelitian tindakan yang dilakukan untuk menghadapi berbagai masalah dan isu pendidikan.Dalam perkuliahan sehari-hari, istilah yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (disinkat PTK) atau Classroom Action Reearch.

PTK EDISI 1
Bagi yang berminat untuk diskusi share atau gabung dalam peningkatan mutu pendidikan  melalui belajar menulis PTK silahkan hub ; Bp.Eman. Email emanrizky76@gmail.com.HP.087774059333
 

0 comments:

Post a Comment

 
Top