Edisi ke 1
|
NGOTA
MB
NGOBROL PTK MELALUI BLOG
|
Banyak opini publik yang cukup mengusik tentang keberhasilan
pendidikan disetiap tingkatan satuan pendidikan.Agar pemahaman kita tidak
terlalu sempit kita coba mengkaji satu judul buku” METODE PENELITIAN TINDAKAN
KELAS “ yang ditulis Prof.Dr.Rochiati Wiriaatmaja.Dengan bersama-sama mengkaji
konten buku ini diharapkan mampu menambah wawasan para pendidik, sehingga kita
dapat melakukan peran kita secara optimal dan profesional, karena didalamnya buku
ini mengupas tuntas tentang Penelitian Tindakan Kelas.Munkin banyak hal yang
menjadi penghalang para pendidik untuk tidak berkonsentrasi memahami PTK secara
komprehensif salah satunya adalah keterbatsan waktu, tenaga dari berbgai
aktivitas dan rutinitas yang biasa dilakukan sehari-hari.Dengan cara Share
melalui blog saya, paling tidak kalau lagi ngangur bisa buka di HP atau di
laptop pada saat ada waktu luang.Karena budaya baca dilingkungan pendidik aja
sepertinya masih jauh dari apa yang diharapkan.
Penelitian
kualitatif akhir-akhir ini berkembang dengan pesat melalui berbagai kajian
permasalahan kemanusiaan.Metode-metode, teori-teori, ataupun hasil-hasil
penelitian telah terakumulasi sehingga membentuk tradisi yang berbeda dengan
yang selama ini dilakukan.Penelitian kualitatif dibidang pendidikan berakar
pada banyak disiplin ilmu, termasuk didalamnya pada penelitian-penelitian yang
dilakukan pada ilmu-ilmu sosial seperti sosiologi, antropologi, psikologi, atau
sejarah ; juga pada humaniora seperti sastra, filsafat, ataupun seni; serta
kajian-kajian pada interdisipliner lainnya. Sebagai contoh etnografi, bersal
dari antropologi, teori grounded dari sosiologi, dan
biografi dari sejarah ; selanjutnya berkembang menjadi cabang-cabang
spesialisasi seperti etnografi kritis atau fenomenologi transendenta(Creswell,
1998:3).
Salah satu bentuk kajian inkuiri
yang termasuk kualitatif adalah penelitian Emansipatoris tindakan (emancipatory action research)(Gall, Gall dan Borg ;
2003 : 477), yang merupakan studi mikro untuk membangun ekspresi kongkrit dan
praktis aspirasi perubahandi dunia sossial (atau pendidikan) untuk memperbaiki
dan meninkatkan kualitas kinerja para praktisinya (Kemmis, dalam Supriadi
;1998).
Penelitian emansipatoris
tindakan ini, yang pemakaiianya atau penamaannnya berbeda-beda, seperti
penelitian kelas (Classroom research)
karena penelitian untuk perubahan perbaikan itu dilakukan di ruang kelas
(Hopkins, 1993 : 1). Namun Hopkins sendiri kemudian memakai istilah classroom
research in action atau classroom action research pada saat penelitian itu
memasuki tahap-tahap kegiatan yang harus dilakukan, dengan alasan bahwa istilah
penelitian kelas mengingatkan kepada penelitian yang dilakukan oleh para peneliti
pendidikan ( educational researchers
) dengan menjadikan guru dan siswa sebagai objek penelitian yang berada diluar
orbit kehidupan mereka (Hopkins, 1993:8).Istilah educational action research (Kemmis,
1993 ) dipakai juga untuk jenis penelitian tindakan yang dilakukan untuk
menghadapi berbagai masalah dan isu pendidikan.Dalam perkuliahan sehari-hari,
istilah yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (disinkat PTK) atau Classroom Action Reearch.
PTK EDISI 1
Bagi yang berminat untuk diskusi share
atau gabung dalam peningkatan mutu pendidikan melalui belajar menulis PTK silahkan hub ;
Bp.Eman. Email emanrizky76@gmail.com.HP.087774059333
|
0 comments:
Post a Comment