//

Download

Download


NGOTA MB
NGOBROL PTK MELALUI BLOG Edisi Ke 2

Eman, S.Pd

Kemarin di edisi pertama kita sudah membhas awal perkembangan PTK, ini sangat penting agar kita tidak kaku  ketika melihat suatu konsep, kaitannya dalam pengambilan keputusan dan kesimpulan.Karena pemahaman tentang suatu hal yang terbatas, akan melahirkan kesimpulan-kesimpulan yang terbatas pula.Pemahaman konsep tentang Penelitian Tindakan Kelas ini sangat penting kaitannya dengan  out put hasil belajar dalam rangka mendukung SK, KD, Indikator dan tujuan pembelajaran.Karena guru merupakan pihak yang paling sering dituding sebagai orang palin bertanngung jawab dalam terhadap kualitas pendidikan.Pendapat seperti ini tentunya, tidak sepenuhnya benar, mengingat masih banyak komponen yang paling strategis dalam proses pendidikan.Oleh karena itu, banyak pihak menaruh harapan besar terhadap guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Guru yang profesional adalah guru yang memiliki kemampuan profesional, yaitu kemampuan untuk dapat : (1) merencanakan program belajar mengajar, (2) melaksanakan dan memimpin kegiatan belajar mengajar, (3) Menilai kemajuan kegiatan belajar mengajar, dan (4) menafsirkan dan memanfaatkan hasil penilaian kemajuan belajar mengajar dan informasi lainnya bagi penyempurnaan perencanaan kegiatan belajar mengajar (Soedijarto, 1993).
Gurur profesional menurut Lawrence Stenhouse yang dikutif oleh Nurkamto dalam makalah berjudul”Penelitian Tindakan Kelas : Konsep dasar dan Prosedur Pelaksanaannya” (1999) adalah guru yang memiliki kemandirian dalam melaksanakan tugas profesinya.Konsekuensi logis dari kemandirian itu adalah bahwa guru yang profesional akan senantiasa melakukan refleksi itu.Disinilah letak arti pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru.



                                     









0 comments:

Post a Comment

 
Top