NGOTA
MB
NGOBROL PTK MELALUI BLOG Edisi Ke 2
|
Eman, S.Pd
Kemarin di
edisi pertama kita sudah membhas awal perkembangan PTK, ini sangat penting agar
kita tidak kaku ketika melihat suatu
konsep, kaitannya dalam pengambilan keputusan dan kesimpulan.Karena pemahaman
tentang suatu hal yang terbatas, akan melahirkan kesimpulan-kesimpulan yang
terbatas pula.Pemahaman konsep tentang Penelitian Tindakan Kelas ini sangat
penting kaitannya dengan out put hasil
belajar dalam rangka mendukung SK, KD, Indikator dan tujuan pembelajaran.Karena
guru merupakan pihak yang paling sering dituding sebagai orang palin
bertanngung jawab dalam terhadap kualitas pendidikan.Pendapat seperti ini
tentunya, tidak sepenuhnya benar, mengingat masih banyak komponen yang paling
strategis dalam proses pendidikan.Oleh karena itu, banyak pihak menaruh harapan
besar terhadap guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan.
Guru yang
profesional adalah guru yang memiliki kemampuan profesional, yaitu kemampuan
untuk dapat : (1) merencanakan program belajar mengajar, (2) melaksanakan dan
memimpin kegiatan belajar mengajar, (3) Menilai kemajuan kegiatan belajar
mengajar, dan (4) menafsirkan dan memanfaatkan hasil penilaian kemajuan belajar
mengajar dan informasi lainnya bagi penyempurnaan perencanaan kegiatan belajar
mengajar (Soedijarto, 1993).
Gurur
profesional menurut Lawrence Stenhouse yang dikutif oleh Nurkamto dalam makalah
berjudul”Penelitian Tindakan Kelas :
Konsep dasar dan Prosedur Pelaksanaannya” (1999) adalah guru yang memiliki
kemandirian dalam melaksanakan tugas profesinya.Konsekuensi logis dari
kemandirian itu adalah bahwa guru yang profesional akan senantiasa melakukan
refleksi itu.Disinilah letak arti pentingnya penelitian tindakan kelas bagi
guru.
0 comments:
Post a Comment