//

Download

Download


Oleh Eman, S.Pd

Berdasarkan hasil konsultasi dan diskusi dari beberapa pendidik, sering berbicara anak angkatan kemarin berbeda dengan yang sekarang, dalam pembicaraan itu muncul beberapa karakter dari perbandingan angkatan tersebut seperti.Beda cara menerima pelejaran, beda prilakunya, dan perbedaan lain yang belum ditemukan sesudahnya atau sebelumnya.Kemudian kita sering menemukan anak didalam kelas melakukan aktivitas yang justru tidak diharapkan oleh guru sepert : menggambar di meja, bercanda dengan temanya, permisi secara bergantian, menginjak-injak kaki temannya dan lain-lain.Ini adalah prilaku Siswa yang sering kita temukan didalam kelas.Kemudian ketika belum istirahat, masih dalam kegiatan pembelajaran pak/Bu istirahat ?.Anak sering melemparkan pertanyaan tersebut, termasuk setelah masuk ketika mau pulang. Ada beberapa hal yang membuat anak berprilaku aneh anatara lain :
1. Kegiatan pembelajaran tidak meneyenangkan
2. Adanya pelajaran bersyarat yang tidak dikuasai anak
3. Bapak Ibu tebang pilih dalam memperlakukan anak
4. Anak dalam kondisi sakit
5. Tidak pernah melakukan tindak lanjut dalam meneyelesaikan permasalahan pembelajaran
6. Jarang merefleksi dan mengevaluasi kegiatan KBM
7.Mata pelajaran tidak diminati anak.
Dan kami pernah melakukan penelitian dari 37 Siswa dengan berbagai masalah di atas dan dapat teratasi melalui kegiatan pengembangan diri, yang diimplementasikan melalui kegiatan Dokcil, Pramuka dan Adiwiyata.Kalaupu dua kegiatan ini orientasinya ada faktor dominan, namun semuanya kemampuan bakat dan minat belajar anak dapat dapat kita eksplor melalalui sub kegiatan yang melibatkan kemampuan anak dalam beberapa disiplin ilmu dan keterampilan yaitu pada pengembangan diri.Dan kebetulan di SDN Ciparay pengembangan dirinya adalah Adiwiyata


0 comments:

Post a Comment

 
Top