//

Download

Download


Sejak Thomas Samuael Kuhn menegemukakan pandangan bahwa " Kemajuan ilmu dapat terjadi apabila pradigma lama diganti dengan yang baru", maka pada tahun 1960-an terjadilah kejadian yang luar biasa dalam ilmu pengetahuan, khususnya ilmu sosial, humaniora, maupun teologi.Revolusi ilmiah Kuhn telah melakukan koreksi tentang kelemahan-kelemahan penelitian ilmu yang bersifat posivistik yang menyebabkan penelitian-penelitian ilmu dibidang ilmu-ilmu sosial dgguan humaniora cenderung menggunakan pradigma"baru" yang berbeda dengan pradigma positivisme.Kegiatan pendidikan pada dasarnya adalah kegiatan terprogram yang tampak pada orientasinya yang meletakan sekolah sebagai lembaga rekontruksi sosial atau pusat pengembangan kebudayaan.Menurut Robert C. Bogdan bahwa tujuan penelitian dapat dikatagorikan dalam dua tipe, yaitu penelitian dasar dan peneletian terapan, dimana keduanya dapat berlaku dibidang pendidikan.Dalam penelitian kualitatif dibidang pendidikan ada tiga tipe, yaitu, evaluation research, pedagogial research, dan Action research.


Action research merupakan salah satu persefektif baru dalam penelitian pendidikan yang mencoba Mmenjebatani antara praktik dan teori dalamtion bidang pendidikan (Dimyati, 2000:171-172).Action research, merupakan penelitian tentang suatu yang realitas sosial dan bermaksud untuk melakukan perbaikan tentang realitas sosial.Dalam model penelitian ini, si peneliti bertindak sebagai observer sekaligus sebagai partisipan.

0 comments:

Post a Comment

 
Top