Sejak Thomas Samuael Kuhn menegemukakan
pandangan bahwa " Kemajuan ilmu dapat terjadi apabila pradigma lama
diganti dengan yang baru", maka pada tahun 1960-an terjadilah kejadian
yang luar biasa dalam ilmu pengetahuan, khususnya ilmu sosial, humaniora, maupun
teologi.Revolusi ilmiah Kuhn telah melakukan koreksi tentang
kelemahan-kelemahan penelitian ilmu yang bersifat posivistik yang menyebabkan
penelitian-penelitian ilmu dibidang ilmu-ilmu sosial dgguan humaniora cenderung
menggunakan pradigma"baru" yang berbeda dengan pradigma
positivisme.Kegiatan pendidikan pada dasarnya adalah kegiatan terprogram yang
tampak pada orientasinya yang meletakan sekolah sebagai lembaga rekontruksi
sosial atau pusat pengembangan kebudayaan.Menurut Robert C. Bogdan bahwa tujuan
penelitian dapat dikatagorikan dalam dua tipe, yaitu penelitian dasar dan
peneletian terapan, dimana keduanya dapat berlaku dibidang pendidikan.Dalam
penelitian kualitatif dibidang pendidikan ada tiga tipe, yaitu, evaluation research,
pedagogial research, dan Action research.
Action research merupakan salah satu persefektif baru dalam penelitian
pendidikan yang mencoba Mmenjebatani antara praktik dan teori dalamtion bidang
pendidikan (Dimyati, 2000:171-172).Action research, merupakan penelitian tentang
suatu yang realitas sosial dan bermaksud untuk melakukan perbaikan tentang realitas sosial.Dalam model penelitian ini, si peneliti bertindak sebagai observer sekaligus sebagai partisipan.
0 comments:
Post a Comment